Wednesday, July 20, 2011

Gary LeMaster Sang Seniman Cangkang Telur

Sempat beberapa tahun lalu di Indonesia booming aneka kerajinan rumah tangga yang terbuat dari serpihan cangkang telur sisa. Baik itu guji, lampu tidur, hingga lukisan. 

Maka kali ini
Gary LeMaster asal Selandia Baru berhasil menciptakan karya seni unik yang berbahan dasar dari telur sisa yang masih utuh. Seperti apakah karya seninya itu? Simak yang satu ini!




Pada mulanya banyak orang yang tidak percaya dengan karyanya itu, banyak dari mereka berpikir bahwa Gary membuat cangkang telur itu dari bahan-bahan tertentu hingga mudah dibentuk. Sampai pada akhirnya Gary berhasil meyakinkan banyak orang bahwa cangkang-cangkang tersebut adalah dari telur asli. Untuk karya seninya itu Gary mengambil cangkang dari telur ayam, kalkun, burung unta dan angsa.

Telur yang diambil adalah telur yang gagal menetas, kemudian cangkang dikosongkan dan dibersihkan kemudian dikeringkan. Setelah bersih dan kering, cangkang direndam dalam pemutih agar terlihat putih bersih.

Dengan menggunakan pensil Gary membuat pola pada cangkang yang telah dipersiapkan tadi, kemudian baru diukir dengan alat khusus. Setelah itu sisa pensil yang masih ada akan dibersihkan. Untuk menjaga keindahan ukiran cangkang telur, maka cangkang telur tersebut dimasukan kedalam kaca transparan.



Wah unik ya.. Kapan nih seniman Indonesia bisa membuat yang seperti ini ya??

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites