Thursday, July 8, 2010

tragedi penting piala dunia 1930-2010



Lucient Laurent, pemain asal Perancis, adalah pencetak gol pertama di piala dunia (13July1930, 19', Pocitos Stadium)

The Battle of Santiago
Perkelahian ini dipicu saat pemain dari Cile meludahi pemain Italia. Kemudian Leonel Sanchez mematahkan hidung salah satu pemain lawan, Umberto Maschio. Tidak sampai disitu, terjadi pula tendangan Ferrini terhadap Landa dan David terhadap Sanchez.
"Pertandingan ini merupakan pertunjukan yang konyol, menjijikan, mengerikan, dan memalukan," komentar BBC


PELE! yeah! Gol perdananya ketika putaran final melawan Swedia (28June1958), dan gol tersebut merupakan salah satu gol terbaik yang tercatat dalam piala dunia.
Pele menangis saat final usai. Dia akan menjadi dan tetap sebagai pemain terhebat. Brazil VS Swedia 5-2.
Karir Pele berakhir setelah terjadi pertunjukan brutal oleh Bulgaria dan Portugal yang membuatnya cedera parah dan tidak bisa meneruskan karirnya.


Gordon Banks, kiper Inggris yang menjadi penyelamat terbaik dalam sejarah piala dunia (saat duel Inggris VS Brazil). Sundulan Pele tajam dan terarah ke sudut bawah gawang, Gordon segera menjatuhkan diri dan menepis bola melampaui mistar gawang.


Si Burung Kecil, julukan untuk Garrincha, pemain pengganti Pele yang berhasil bersinar dengan kemahiran menggiring bola, tendangan menawan dan pernah memenangkan duel udara dengan pemain Inggris dengan beda 17cm lebih tinggi darinya. Keunikan lain dari Garrincha adalah panjang kakinya yang tidak sama. Kaki kirinya lebih pendek 6cm dari kaki kanannya.


Pickles, seekor anjing yang menjadi pahlawan karena berhasil menemukan trofi yang hilang karena dicuri, di sebelah tenggara London, Inggris.

Italia pernah dikalahkan oleh Korea Utara, dengan gol kemenangan tunggal yang dicetak oleh Park Doo Ik. Kekecewaan yang sangat besar dirasakan oleh Italia karena timnya disisihkan oleh Korea Utara pada saat babak penyisihan grup.


Salah satu hal terlucu dan terganjil saat piala dunia... Mwepu dari Zaire keluar dari tembok pertahanan dan menendang bola jauh-jauh sebelum Brazil mengambil tendangan bebas.


Maradona Hand of God or Hand of Cheat?
Maradona merupakan pahlawan sekaligus penjahat dalam sebuah pertandingan. Ia terkenal dengan julukannya The Hand of God atau tangan Tuhan. Golnya tercipta bukan karena sundulannya melainkan karena tangannya, namun wasit tidak melihatnya dan menyatakan bahwa gol tersebut sah. Karir no. 10, Diego Maradona berakhir ketika ia gagal dalam tes pemakaian obat-obatan.


Hakan Şükür asal Turki, pencetak gol tercepat dalam piala dunia, hingga detik ini, rekornya belum tergantikan. Dengan waktu yang sangat singkat, yaitu 10,8 detik. Kick-off diambil oleh Korea Selatan (lawan) namun ia berhasil masuk ke daerah lawan dan menerima umpan dengan baik lalu melepaskan tendangan ke gawang Korea Selatan dan GOLLLL!


Tendangan penalti yang dilepaskan Rob Rensenbrink merupakan gol ke-1000 di piala dunia.


Zinedine Zidane. Siapa yang tidak tahu banteng asal Perancis ini? Tandukan Zinedine Zidane yang tertuju pada Marco Matterazi telah mengeluarkannya dari dunia persebakbolaan internasional dengan tercela.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites