Wednesday, April 11, 2012

Bocah Kelas 2 SD: Bu, Istri Simpanan itu Apa?

[imagetag]


Kisah 'Bang Maman dari Kali Pasir' di buku SD untuk anak kelas 2 benar-benar membuat orang tua murid shock. Seperti yang dialami Intan Budi Utoyo (34). Dia amat kaget saat anaknya bertanya soal istri simpanan.

"Bu, istri simpanan itu apa?" ujar Intan, menirukan pertanyaan anaknya, Hana (8).

Intan menuturkan itu saat berbincang dengan detikcom, Kamis (12/4/2012).

Hana bertanya tentang istri simpanan setelah membaca buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta terbitan PT MK. Buku itu menjadi pegangan di sekolahnya di SD Angkasa, Halim. Buku itu dibeli paket saat Hana naik kelas 2.

Dalam kisah "Bang Maman dari Kali Pasir" di buku itu, diceritakan Bang Maman meminta seorang perempuan bernama Patme untuk mengaku-ngaku sebagai istri simpanan Salim. Tindakan itu dilakukan agar putri Bang Maman yang bernama Ijah, mau menceraikan Salim. Bang Maman ingin Ijah cerai dari Salim karena sang menantu sudah jatuh miskin.

"Saat anak saya bertanya, terpaksa saya menjawabnya dengan sedikit bohong. Saya kemudian mengalihkan perhatiannya," terang Intan.

Intan berharap, soal cerita istri simpanan ini bisa diubah. Masih banyak cerita lain yang mengajarkan kebaikan. Jadi, anak-anak kelas 2 SD tidak perlu dijejali dengan kisah soal istri simpanan.

"Saya juga baru tahu soal cerita ini kemarin. Itu menjadi bahan ulangan anak-anak kelas 2 SD, mereka harus mengingat, siapa yang baik dan siapa yang buruk. Kita agak protes dengan ini," jelas Intan yang bekerja sebagai pegawai swasta ini.
sumber

osserem 12 Apr, 2012

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites