Friday, April 6, 2012

Berperilaku Aneh, Apakah Pacar Saya Alami Atau Gangguan Jiwa?

[imagetag]

TANYA :

Dok, saya ingin bertanya tentang apa yang terjadi pada pacar saya, namanya Kaleo. Saya rasa banyak sikapnya yang cukup aneh, namun konyol, tapi juga mengerikan. Banyak yang menilai bahwa Kaleo adalah seorang yang sinis, dingin, angkuh, bahkan tidak memiliki hati. Tapi lucunya dia selalu melawan dengan berkata, "Mana bisa manusia hidup tanpa hati, mati dong." dia memang selalu skeptis dan sinis. dia selalu meragukan orang lain yang berujung pada sikap sinis, yang juga akan berlanjut kepada tindakan semena-mena, yang mungkin inilah yang menjadi penilaian orang bahwa dia tidak punya hati nurani.

Ada teman dekatnya yang hamil di luar nikah, namun si laki-laki tidak mau bertanggungjawab. Tapi Kaleo malah cenderung apatis, bahkan menertawakan dan merasa puas. Lalu, dia juga pernah memberi bingkisan ulang tahun untuk temannya yang sering mengatakan ingin bunuh diri. Bingkisan itu berisi racun tikus dan silet, dengan surat "Ini siapa tau bisa membantu proses bunuh dirimu." Dan setelah melakukan hal-hal itu, dia merasa puas dan semangat. Namun, ada saat-saat di mana dia menjadi lemah. Jika ada orang yang membuat dia kecewa, dia pasti berpikir orang itu membencinya, dan dia akan balik membencinya. dia juga sering merasa kesepian dan tidak punya teman. Selain itu, beberapa temannya memilih menjauh, karena sikap Kaleo yang dinilai keterlaluan. dia tidak pandai bergaul. Kalau sedang bersama banyak orang, dia cenderung menjadi pendiam. Sampai banyak yang menilai dia angkuh. Selain itu, dia suka meledak-ledak dan sikapnya mendadak begitu keras, dan saya selalu menjadi korban ledakannya.

Kaleo juga mudah cemas. Misal melihat berita gas meledak, dia berpikir seolah-olah tabung gas di rumahnya akan meledak. Melihat ada pemulung berdiri di depan rumah, dia berpikir pemulung itu penjahat yang akan menyerang rumahnya. Melihat berita kematian, dia merasa dirinya pun sebentar lagi akan mati. Dan baru-baru ini saya mendapati Kaleo berbicara sendiri. Saya kaget dan tidak mengerti maksudnya apa. Ibu dan adik Kaleo pernah mengatakan sedikit cemas padanya. Selain karena sikapnya yang suka berubah-rubah, dia juga cenderung anak yang melawan. ditambah mereka ketakutan melihat tembok kamar Kaleo yang penuh dengan gambar-gambar yang bagi mereka "aneh" dan "menakutkan" yang didominasi oleh campuran warna-warna gelap. Awalnya saya berpikir itu biasa saja. Tapi jika dikaitkan dengan tulisan-tulisannya (kebetulan dia senang membuat cerita), saya juga cukup ngeri. Tulisannya sering bercerita tentang seks yang dicampur kekerasan, bahkan kekerasan yang benar-benar keras. dia senang bercerita tentang hal-hal yang dianggap orang menjijikan dan mengerikan, termasuk saya.

Dok, apakah yang terjadi pada Kaleo merupakan gejala-gejala gangguan psikologis? Jika iya, tindakan apa yang harus dilakukan? Lalu, apakah ada hubungannya dengan trauma? Setahu saya, dia cukup memiliki pengalaman yang sifatnya traumatis. Saya rasa juga dia cukup menyimpan dendam pada orang-orang di masa lalunya. Sering dia tiba-tiba berkata pada saya bahwa dia telah membunuh si A, padahal tidak. Akhirnya saya menilai itu hanya angan-angan dia yang tidak kesampaian. Terimakasih.

(Ranu, 28, Bandung)

JAWAB :

Mas Ranu yang baik,

Saya rasa pacar mas Ranu, Kaleo ini perlu segera mendapatkan penanganan psikiater agar memperoleh perawatan atas yang terjadi pada dirinya. Gejala dan tanda yang disebutkan saudara di atas memang merupakan gejala-gejala kejiwaan yang bisa mengarah pada suatu kondisi gangguan kejiwaan.

Apalagi jika telah terjadi kesulitan dalam melakukan aktivitas pribadi dan sosial akibat kondisi ini. Walaupun kadang hal ini tidak disadari oleh penderitanya, dalam hal ini saudari Kaleo, bukan alasan tidak mendapatkan pengobatan yang baik untuk gangguannya. Trauma di masa lalu bisa saja menjadi dasar gangguan kejiwaan yang dia alami.

Ini juga bisa menjadi salah satu fokus terapi yang diberikan oleh dokter nanti. Yang paling penting adalah mengajak saudari Kaleo ini untuk ke psikiater. Semoga membantu. Salam Sehat Jiwa

sumber

osserem 07 Apr, 2012

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites