Wednesday, November 9, 2011

Hebat !! Mahasiswa Jember Ciptakan Mobil Listrik

Hebat !! Mahasiswa Jember Berhasil Ciptakan Mobil Bertenaga Listrik - Empat orang mahasiswa Universitas Jember, Jawa Timur telah berhasil menciptakan sebuah mobil listrik rakitan berbobot 120 Kg dengan kecepatan 45 Km/jam. Selain ramah lingkungan dan tidak bersuara, mobil karya anak bangsa itu juga terbuat dari komponen asli Indonesia.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Andri Arif, Raditiya Wahyu, Muhtada Faizun dan Widya Setiawan. Setelah dua bulan melakukan eksperimen, mahasiswa yang masih duduk di bangku semestar tujuh dan lima itu akhirnya berhasil menciptkan mobil listrik dengan berat 120 Kg.

Keringanan bobot inilah yang membuat mobil listrik lebih cepat saat dipacu dengan energi berkekuatan 2 Kwh atau dengan daya 200 Watt.
Daya mobil yang mirip gokart berpenumpang tunggal tersebut bersumber dari empat aki jenis VRLA. Empat aki yang terpasang dibawah setir mobil memiliki kandungan energi setara dengan 1/10 persen bensin. Dengan demikian mobil ini akan hemat energi.

Karena tingkat kecepatan dan efisiensinya, mobil listrik berdesain sporty ini berhasil sebagai juara kedua kompetisi mobil listrik nasional yang berlangsung di Kampus Politeknik Bandung.



Mobil tersebut berhasil menyisihkan sembilan kompetitor dari tujuh Perguruan Tinggi bergengsi lain, diantaranya Institut Teknologi 10 November, Surabaya.
sumber:http://video.tvonenews.tv/arsip/view/50462/2011/10/26/mahasiswa_jember_ciptakan_mobil_listrik.tvOne

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites